Mengenai Saya

Foto saya
Nama saya Muhammad Hanif Akmalludin. Mahasiswa Univ. Budi Luhur

Sabtu, 23 Maret 2019

P4 - Memilih Password yang Baik dan Benar



Password

Password adalah kode rahasia, yang biasa di sebut kata sandi yaitu merupakan kunci untuk bisa mengakses atau membuka suatu sistem yang dikunci. Password juga bisa disebut dengan kunci. Password sifatnya rahasia, jika ada orang lain yang mengetahui password tersebut, bisa jadi orang yang tidak berhak tersebut akan menghapus atau mencuri berkas-berkas yang ada. Jadi sebaiknya dalam selang waktu tertentu password sebaiknya diganti dan agar kerahasiaannya terjamin , terus password kita tersebut hendaknya kuat "Strong" agar tak mudah di hack oleh para cyber crime.

Saya akan memberikan 5 cara memilih password yang baik dan benar :

1. Jangan Menggunakan Password yang Sudah Umum

Masih banyak orang-orang yang menggunakan password yang sangat mudah di tebak. contohnya seperti orang yang menggunakan username "admin" dan passwordnya "123456789". Hal ini sudah banyak sekali terjadi. Seharusnya kita tidak boleh menggunakan password-password yang umum seperti "123456789", "abcdefgh", "password", dll. 

Kalau saat ini Anda masih menggunakan model password seperti ini, maka segeralah menggantinya sebelum menjadi korban pembajakan. Memang password yang kuat tidak selalu menjamin keamanan akun kita, tapi setidaknya kita mencoba memberikan pengamanan yang jauh lebih baik daripada tidak sama sekali.

2. Menggunakan Simbol-simbol yang Unik Dalam Password

Salah satu cara memperkuat password atau kata sandi yaitu menggunakan simbol-simbol unik yang ada.
Contohnya : "@km@l?", "tanya?seru!", "pager#bintang*", dll.

Gabungan simbol-simbol ini memang terlihat cukup sederhana, tetapi sangat jauh lebih baik dan sangat kuat daripada password umum yang ada pada point 1.

3. Menggunakan Angka dan Simbol

Cara lain untuk menciptakan password yang kuat dan mudah diingat adalah dengan menggabungkan angka dan simbol unik. Yang perlu kita ingat adalah menciptakan kombinasi angka dan simbol yang mudah diingat, misalnya membuat rumus perhitungan matematika.

Contohnya: "45+51=96" atau "(5+5)x5=50" dan masih banyak lagi kombinasi-kombinasi yang bisa dipakai.

4. Menggunakan Kombinasi Huruf, Angka, dan Simbol Dalam Password

Ini adalah cara yang paling baik untuk membuat password yang lebih kuat. Biasanya password seperti ini tidak bisa ditembus oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab karena menggunakan variasi yang rumit.

Contohnya: "8u-d1-Lu-Hur!" = Budi Luhur, "4kM@l53"= Akmal53 dan masih banyak lagi.

Password seperti ini adalah kombinasi password yang paling aman dan hampir tidak mungkin bisa dipecahkan oleh seorang pencuri. Walaupun karakter yang kita ciptakan terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan simbol, akan lebih baik bila password yang diciptakan itu memiliki sebuah arti agar lebih mudah untuk mengingatnya.

5. Menggunakan Password yang Berbeda Untuk Setiap Akun

Yang paling terpenting dari point-point sebelumnya adalah Kita harus membuat password yang berbeda-beda untuk setiap akun di internet. Ini adalah upaya pencegahan ketika password salah satu akun di internet, misalnya Facebook diketahui si pencuri, akun Anda di tempat lain tidak bisa dibajak dengan password yang sama.

Daftar Pustaka

0 komentar:

Posting Komentar